Laporan Ilmiah

Laporan Ilmiah

Laporan Ilmiah

Pengertian Laporan

Laporan adalah karangan yang berisikan paparan peristiwa/kegiatan yang telah dilakukan. Laporan dapat berupa laporan perjalanan, laporan kegiatan atau laporan pengamatan. Topik laporan adalah pokok yang dibicarakan atau dibahas dalam laporan.

Laporan ialah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang berhubungan secara struktural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang diberikan. Laporan harus memuat data yang tepat, serta objektif dan sistematis sehingga dapat dijadikan ukuran untuk membuat pertimbangan dan keputusan.

 

Ciri-ciri laporan yang baik :

  1. Ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas.
  2. Didasarkan oleh fakta yang benar dan meyakinkan.
  3. Disajikan secara lengkap.
  4. Menarik dan enak dibaca.

 

Laporan ilmiah

Laporan ilmiah menurut ahli sebagai berikut:

1/ Menurut Mukayat Broto

Laporan ilmiah ialah pemecahan suatu masalah atau jawaban suatu pertanyaan, yang didukung oleh fakta yang diperoleh dan dapat dibuktikan kebenarannya oleh penulisnya. Laporan dikembangkan untuk keperluan sains, usaha, dan biasanya ditulis atas permintaan, perintah atau jasa komisi, walaupun kadang-kadang laporan itu diterbitkan atas kehendak dan biaya penulisnya sendiri.
2/ Menurut E. Zaenal Arifin 1993

Laporan Ilmiah adalah laporan yang disusun melalui tahapan berdasarkan teori tertentu dan menggunakan metode ilmiah yang sudah disepakati oleh para ilmuwan.

Dari pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa laporan ilmiah merupakan suatu paparan sistematis yang memperhatikan kaidah-kaidah ilmiah dan bahasa, sebagai suatu jawaban atas permasalahan, dengan tujuan untuk diserahkan kepada pihak tertentu sesuai dengan kepentingan. Penulisan laporan ilmiah harus melalui suatu perencanaan, mengenai apakah laporan yang dibuat, bagaimana langkah-langkah penulisannya, dan perlu menyusun kerangka laporan tersebut.

 

Dasar Membuat Laporan

  1. Kegiatan menulis laporan ilmiah merupakan kegiatan utama terakhir dari suatu kegiatan ilmiah.
  2. Laporan ilmiah mengemukakan permasalahan yang ditulis secara benar, jelas, terperinci, dan ringkas.
  3. Laporan ilmiah merupakan media yang baik untuk berkomunikasi di lingkungan akademisi atau sesama ilmuwan.
  4. Laporan ilmiah merupakan suatu dokumen tentang kegiatan ilmiah dalam memecahkan masalah secara jujur, jelas, dan tepat tentang prosedur, alat, hasil temuan, serta implikasinya.
  5. Laporan ilmiah dapat digunakan sebagai acuan bagi ilmuwan lain sehingga syarat-syarat tulisan ilmiah berlaku juga untuk laporan.

Contoh laporan Ilmiah :

  1. Laporan studi
  2. Laporan penelitian
  3. Dan lain-lain

Tujuan laporan ilmiah, antara lain: memberi penjelasan, memberi komentar atau penilaian, memberi saran, menyampaikan sanggahan, serta membuktikan hipotesis.

Macam-macam laporan ilmiah

  1. Laporan Periodis : Laporan yang diserahkan setiap periode reguler dan dimaksudkan untuk menyediakan informasi tentang status organisasi atau aktivitasnya. Laporan bulanan atau tahunan oleh Kepala Bagian dan/atau Kepala Sekolah.
  2. Laporan Kemajuan : Laporan yang diserahkan guna menyediakan informasi tentang kemajuan suatu rencana usaha, seperti pembangunan bendungan dan proyek penelitian.
  3. Laporan Hasil Uji : Laporan yang diserahkan guna menyediakan laporan tangan pertama tentang pengetahuan suatu kesimpulan, seperti kondisi suatu bangunan, pabrik, atau sumber alam.
  4. Laporan Rekomendasi : Laporan yang diserahkan guna menyediakan keterangan dasar atau pujian terhadap sesuatu guna pertimbangan dalam tindakan berikutnya.
  5. Laporan Penelitian : Laporan yang diserahkan untuk memberi tahu tentang penemuan yang tidak diketahui sebelumnya dan diperoleh dari percobaan, penyelidikan, kuesioner, data akumulasi, dan sebagainya.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11140-isi-trikora-lengkap