Era Kemajuan Teknologi

Era Kemajuan Teknologi

Era Kemajuan Teknologi
Era Kemajuan Teknologi

Teknologi komunikai adalah teknologi atau peralatan untuk mendukung adanya suatu proses komunikasi yang dilakukan antar individu dalam rangka saling tukar menukar informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan individu masing-masing dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Sebagai makhluk sosial yang hidup di era digital, teknologi sangatlah penting dan dibutuhkan untuk membangun komunikasi didalam masyarakat modern sesuai tujuan yang ingin dicapai. Teknologi komunikasi dapat membantu kita melakukan interaksi dengan lancar, mudah, cepat, dan tepat sasaran sehingga dapat mengoptimalkan user atau berbagai pihak dalam mendapatkan manfaat dan hasil.

Kemajuan teknologi (Internet) dalam era Globalisasi

Perubahan teknologi dan masyarakat telah diikuti dengan kemajuan era globalisasi, perubahan – perubahan ini telah ditunjukan dengan perubahan teknologi dari analog ke digital, salah satu contoh nyatanya  yaitu perubahan cara berkomunikasi dengan sesama manusia, pada zaman dulu untuk berkomunikasi masih menggunakan alat perantara surat dan dilanjutkan dengan komunikasi melalu telepon, tetapi pada zaman saat ini begitu banyak pilihan media komunikasi yang dapat  digunakan contohnya telepon selular, video call, media social, dan berbagai situs penghubung misalnya faceook.

Komunikasi merupakan suatu pertukaran dari suatu definisi atau arti suatu hal

contohnya termasuk berbicara dengan teman, membaca koran, menonton televisi dan menjelajahi internet merupakan definisi sederhana dari komunikasi. Komunikasi memiliki beberapa jenis tipe dimulai dari intrapersonal komunikasi, definisi dari intrapersonal komunikasi adalah pertukaran informasi yang dimiliki dengan diri itu sendiri, contohnya ketika kita memikirkan tindakan selanjutnya ketika bermain video game.

Selanjutnya interpersonal komunikasi memiliki definisi pertukaran antara dua atau lebih orang yang mengambil bagian, contohnya ketika kita berbicara atau berdiskusi dengan orang lain baik secara langsung atau melalui telepon.

aplikasi video call – Dari sekian begitu banyaknya jenis komunikasi, teknologi merupakan salah satu media yang sudah sangat diketahui dengan jelas pengaruhnya terhadap komunikasi.salah satu contoh Kemajuan teknologi yang sangat pesat yaitu internet. Internet merupakan contoh semakin meningkatnya globalisasi dari berbagai negara.

Globalisasi sendiri memiliki definisi proses interaksi dan integrasi antara manusia, perusahaan dan pemerintah dari berbagai negara,

proses unteraksi ini dikendarai oleh perdagangan internasional dan investasi dan dibantu dengan informasi teknologi. Adanya internet membuat semakin gencarnya masyarakat menggunakan teknologi pendukung seperti telephone selular yang berbasis sistem internet, tabletm laptop serta jenis perangkat lainnya, karena dengan perangkat-perangkat tersebut dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk saling berkomunikasi.

Dengan adanya kemajuan ini pun, berbagai perusahaan media social juga mengeluarkan aplikasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berkomunikasi secara global, contohnya media social seperti facebook, path, my space, dan twitter.

Selanjutnya dimensi dari kekuatan masyarakat terhadap kecanggihan teknologi yang berkembang secara global makin ditunjukan dengan adanya kesempatan masyarakat untuk ikut berkontribusi melakukan pilihan atau yang biasa disebut dengan voting terhadap acara-acara yang membutuhkan suara masyarakat untuk menetukan pemilihan dari sebuah acara awards.

Contohnya yaitu acara MTVAwards yang memberikan kesempatan bagi masyarakat diseluruh dunia untuk menentukan siapa yang menjadi penyanyi terbaik, lagu terbaik dan berbagai nominasi lainnya.

Contoh lain yang merupakan kemajuan teknologi komunikasi secara Global adalah Omegle, halaman website yang didesain untuk berkomunikasi secara acak dimana user atau penggunanya berasal dari berbagai negara.

Hal ini menunjukan bahwa kemajuan teknologi sudah sangat berperan penting dan saling menghubungkan antara masyarakat dari suatu negara dengan negara lain.