Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW Lengkap

Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW Lengkap

Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW Lengkap

Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW Lengkap
Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW Lengkap

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang ada di muka bumi ini, dan tidak ada lagi nabi-nabi setelahnya. Kita sebagai seorang muslim yang beriman haruslah mengetahui mengenai Sejarah Hidup Nabi Muhammad SAW, termasuk mengenai sejarah kelahiran beliau. Untuk itu pada kesempatan kali ini Kumpulan Sejarah akan berbagi informasi seputar sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW kepada Sobat-Sobat semua.

Nabi Muhammad SAW dilahirkan di Makkah

yaitu diperkirakan berjarak 200 M dari Masjidil Haram, pada hari senin menjelang terbitnya fajar pada tanggal 12 Rabi’ul Awal di tahun Gajah dan bertepatan dengan tanggal 20 April 571 M. Kenapa dinamakan tahun Gajah ? dikarenakan pada masa itu Abrahah dan bala tentaranya yang datang dari Yaman untuk menyerang dan meruntuhkan ka’bah dengan mengendarai gajah. Untunglah Allah pada saat itu menggagalkan upaya mereka dengan mengirim burung ababil yang membawa batu dari neraka, sehingga abrahah dan pasukannya mati dengan keadaan yang sangat buruk. Dan hal itu sudah dijelaskan Allah dalam surat Al-Fiil.

Ibnu Ishak mengemukakan bahwa Ulama masyhur berpendapat Nabi Muhammad SAW lahir 50 hari setelah kejadian itu

Namun ada pula pendapat yang menyatakan 30 hari, 40 hari bahkan 55 hari. Ahli sejarah pun juga berbeda pendapat mengenai tanggal lahirnya nabi . Ada yang mengatakan 2, 8, 9, 13,17 dan 18 Rabi’ul Awal.

Berikut perbedaan pendapat mengenai Lahirnya Nabi Muhammad SAW dikalangan ahli sejarah nabi:

  • Menurut Ibnu Abdil Barr (2 Rabiul Awal)
  • Menurut Amiruddin (5 Rabiul Awal)
  • Menurut Ibnul Qayyim, Ibnu Hazm, Az Zuhri, Ibnu Dihya (8 Rabiul Awal )
  • Menurut Muhammad Suleman Mansurpuri, Mubarakpuri , Shibli Nomani, Mahmud Pasha Falaki, Akbar Shah Najeeb Abadi, Moeen ud din Ahmed Nadvi, Abul Kalam Azad (9 Rabiul Awal)
  • Menurut Tabari, Ibnu Khaldun , Dr hameedullah, Ibnu Hisham, Abul-Hasan ‘Ali ibn Muhammad al- Mawardi, Ibnu Ishaq (12 Rabiul Awal )
  • Menurut Abul Fida, Abu Jafar al Baqir, Al Waqadi , Al Sha’bi (10 Rabiul Awal)
  • Menurut pandangan golongan Syiah (17 Rabiul Awal ) Sedang harinya adalah Jum’at.
  • Menurut pendapat yang diatribusikan ke Ibnu Hazm (22 Rabiul Awal )
  • Menurut Abdul Qadir Jailani (10 Rabiul Awal )

Namun penduduk Makkah sependapat bahwa Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada tanggal 12 Rabi’ul Awal, karena dahulu kala mereka mengadakan ziarah ke tempat itu pada setiap tanggal tersebut.

Nah, demikianlah postingan mengenai Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta menambah kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca juga artikel: