Pemikiran Filsafat dan Perkembangan Yunani Kuno

Pemikiran Filsafat dan Perkembangan Yunani Kuno

Pemikiran Filsafat dan Perkembangan Yunani Kuno

Pemikiran Filsafat dan Perkembangan Yunani Kuno
Pemikiran Filsafat dan Perkembangan Yunani Kuno

Pemikiran Filfasat Masa Yunani Kuno

Pemikiran Filsafat Yunani periode awal acapakali disebut sebagai flsafat alam.Penyebutan tersebut didasarkan pada munculnya banyak ahli pikir alam yang arah dan perhatian pemikirannya lebih cenderung apa yang diamati di sekitarnya,yakni alam semesta.
Pada masa itu ada keterangan-keterangan tentang terjadinya alam semesta serta dengan penghuninya,akantetapi ketrerangan-keterangan ini berdasarkan kepercayaaan.Ahli-ahli pikir tidak puas akan keterangan-keterangan itu lalu mencoba mencari keterangan melalui budinya.Mereka menanyakan dan mencari jawabnya:apakah sebetulnya alam ini.Apakah intisari nya?.Mungkin yang beraneka warna dalam alam ini dapat di pulangkan kepada yang satu atau yang tidak banyak itu.Mereka mencari inti alam,denag istilah mereka:mereka mencari arche alam.(Arche dalam bahasa Yunani berarti:mula,asal).

Perkembangan filsafat pada zaman Yunani kuno

Dilihat dari pendekatan historis,ilmu filsafat dipahami melalui sejarah perkembangan pemikiran filsafat.Menurut catata sejarah,filsafat barat bermula di Yunani.Bangsa Yunani mulai mempergunakan akal ketika mempertanyakan mitos yang berkembang di masyarakat sekitar abad VI SM.

Perkembangan pemikiran ini menandai bahwa suatu usaha pemikiran manusia untuk mempergunakan akal dalam memahami segala sesuatu.Pemikiran Yunani sebagai embrio filsafat barat berkembang menjadi titik tolak pemikiran barat abad pertengahan,modern dan masa berikutnnya.

Sejarah Perkembangan Filsafat

Pemahaman filsafat tidak dapat dilepaskan dari perjalanan panjang sejarah pemikiran manusia itu sendiri. Sebagiman pemikiran manusia pada awalnya masih diliputi dengan corak berpikir mitilogis.Corak pemikiran ini diwarnai dengan pertimbangan-pertimbangan magis dan animistik terkait dengan corak kehidupannya sehari-hari.Dalam perkembangan selanjutnya manusia mulai berpikir yang lebih rasional dengan disertai argumentasi-argumentasi logis.Dari sinilah fase awal dari berpikir secar filsafati,manusia mulai merumuskan pernyataan-pernyataan logis dan sistematis terkait dengan persoalan-persoalan yang tengah di hadapinya.

Filsafat yunani muncul

Filsafat Yunani muncul dari pengaruh mitologi,mistisisme,matematika dan persepsi yang kental sehingga segalanya nyaris tidak jelas dan seakan mengacaukan pandangan dunia.Kebudayaan mereka kaya dan kreatif namun dikelilingi oleh orang-orang yang sportif dan kompetitif.Dari perkembangan pemikiran inilah muncul beberapa pemikiran filosofis pada masa Yunani kuno antara lain parmanides,Xenophanes,Thales,Aristoteles,Herklitus dan Pythagoras.
Secar umum karakteristik filsafat Yunani kuno adalah rasionalisme,yaitu suatu pemahamn tentang sebuah pengetahuan yang lebih mengutamakn akal(logika).Rasionalisme Yunani itu mencapai puncaknya pada orang-orang sofis.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/5-rukun-nikah-dalam-islam-yang-harus-diketahui/