Tata krama dan adab berhias yang di perbolehkan dalam islam

Tata krama dan adab berhias yang di perbolehkan dalam islam

Tata krama dan adab berhias yang di perbolehkan dalam islam

Tata krama dan adab berhias yang di perbolehkan dalam islam
Tata krama dan adab berhias yang di perbolehkan dalam islam

Islam tidak melarang umatnya untuk berhias, seperti berhias untuk suaminya agar apabila suaminya memandang menjadi lebih adem dan bahagia. Akan tetapi bukan berarti berhias tidak memiliki batasan-batasan. Tentu saja ada?

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin mengupas masalah tata krama berpakaian dan berhias. Apa saja itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Tata krama dan adab berhias yang di perbolehkan dalam islam

Untuk mengetahui tata krama berhias yang diperbolehkan, simak hadist di bawah ini

Hadis –hadis yang berhubungan dengan adab dalam berpakain dan berhias antara lain

#ada dua golongan dari ahli neraka yang belum pernah saya lihat keduanya, yaitu kaum yang membawa cambuk seperti seekor sapi yang mereka pakai buat memukul orang (penguasa) yang kejam, dan perempuan –perempuan yang berpakaian tetapi telanjang yang cendrung kepada perbuatan maksiat rambutnya sebesar punuk unta.

Mereka itu tidak bisa masuk surga dan tidak akan mencium bau surga padahal bau surga itu tercium sejauh perjalanan demikian dan demikian (HR. muslim)

#Maksud kaum yang membawa cambuk seperti seekor sapi ialah perempuan-perempuan yang suka menggunakan rambut sambungan (cemara dalam bahasa jawa) dengan demikian agar rambutnya tampak banyak dan panjang sebagaimana wanitan yang lainya.

Selanjutnya yang dimaksud rambutnya seperti sebesar punuk unta adalah sebutan bagi wanita yang suka menyanggul rambutnya kedua macam cara tersebut (memakai cemara dan menyanggul) termasuk perkara yang tercela dalam islam

mereka dikatakan berpakaian karena memang mereka menempelkan pakaian pada tubuhnya, tetapi pakaian tersebut tidak berfungsi sebagai penutup aurat. Oleh karena itu mereka dikatakan telanjang.

pada zaman moderen seperti sekarang ini, amat banyak wanita yang mengenakan pakaian yang amat tipis sehingga warna kulitnya tampak jelas dari luar, sementara itu banyak pula perempuan yang memakai pakaian relative tebal, namun karena sangat ketat sehingga bentuk lekuk tubuhnya terlihat jelas.

#rasulullah SAW, pernah melarang aku memakin cincin emas dan pakaian sutra serta pakaian yang di celup dengan ashfar (HR. Thabrani)

Larangan bagi laki-laki memakain cincin emas dan pakaian dari sutra adalah suatu didikan moral yang tinggi. Allah telah menciptakan kaum lelaki yang memiliki naluri berbeda dengan perempuan, memiliki susunan tubuh yang berbeda dengan tubuh perempuan.

Lelaki memiliki naluri untuk melindungi kaum perempuan yang relative lemah kondisi fisiknya. Oleh sebab itu, sangat tidak layar kiranya apabila lelaki meniru tingkah laku perempuan yang suka berhias dan berpakaian indah serta suka di manja.

Dari sisi lain. Larangan ini sekaligus sebagai upaya pencegahan terhadap sikap hidup bermewah-mewahan . yang di maksud dengan ashfar ialah semacam wenter kining yang kebanyakan di pakai oleh wanita kafir pada zaman itu

Rasulullah saw. Melaknat perempuan yang mentato dan yang mita di tato yang mengikri gigi dan yang minta di kikir giginya (HR. At-thabrani)

Pada zaman jahiliyah banyak wanita arab yang menato sebagian besar tubunya, mka dan tangannya dengan warna biru alam bentuk ukiran. Pada zaman sekarang ini (khususnya di ingkungan masyarakat kita) bertato banyak dilakukan oleh kaum lelaki, dengan bertato ini, mereka merasa mempunyai kelebihan dari oran glain.

Adapun yang dimaksud dengan mengikir gigi ialah memendekkan dan merapikan gigi. Mengikir gigi banyak di lakukan oleh kaum prempuan dengan maksud agar tampak rapid an cantik, berarti hal itu merubah ciptaan allah

#seorang perempuan betanya kepada rasulluh saw. Ya rasulullah , sesungguhnya anak yang tertimpa sesutau penyakit sehingga rontok rambutnya, dan saya ingin menikahkan dia. Apakah boleh saya menyambung rambutnya? Rasulullah menjawab “ allah melaknat perempuan yang melaknat rambutnya “ (HR. Bukhari)

Nha, sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja larangan-larangan berpakaian dan berhias dalam islam

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan kamu, dan menambah keimanan kamu kepada allah SWT.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2018/09/kumpulan-bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw.html