macam-macam kezaliman, peyebab orang zalim, dan balasan bagi orang yang zalim

macam-macam kezaliman, peyebab orang zalim, dan balasan bagi orang yang zalim

macam-macam kezaliman, peyebab orang zalim, dan balasan bagi orang yang zalim

macam-macam kezaliman, peyebab orang zalim, dan balasan bagi orang yang zalim
macam-macam kezaliman, peyebab orang zalim, dan balasan bagi orang yang zalim

Pengertian zalim

Aniaya atau zalim adalah tidak adil (tidak menepatkan sesuatu dengan semestinya atau sesuai dengan ketentuan Allah). Pengertian tersebut dapat di jelaskan bahwa aniaya merupakan akhlak tercela yang bersifat mengamcan harta dan jiwa.

Perbuatan itu sama dosa dengan mencuri, bahkan lebih besar, karena di dalam terdapat unsur kekerasan. Jika sampai membunuh korbannya maka jelas perbuatan itu termasuk dosa besar.

Dan manusia yang berbuat aniaya akan mendapatkan balasan di dunia dan siksa di akhirat kelak. Sebagiamana yang di jelaskan allah.swt dalam surah asy-syura : 42

إِنَّمَا السَّبِيلُ عَلَى الَّذِينَ يَظْلِمُونَ النَّاسَ وَيَبْغُونَ فِي الأرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Sesungguhnya dosa itu, (dibebankan) atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia, dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih.”

Zalim dapat di golongkan menjadi empat yakni:

Zalim kepada allah

Yang di maksud zalim kepa allah yakni tidak mau melaksanakan perintahnya allah dan selalu melaksanakan larangan-nya. Misalnya tidak mejalankan sholat 5 waktu dengan tertib dan benar, suka memakan makanan yang diharamkan oleh allah, dan lain-lain

 Zalim kepada diri sendiri

Aniyaya, macam-macam kezaliman, peyebab orang melakukan kezaliman, balasan bagi orang yang zalim serta kezaliman merusak fitrah manusia
Sifat malas adalah termasuk zalim kepada diri sendiri
Yang di maksud dengan zalim kepada diri sendiri adalah yakni tidak mensyukuri apa yang diberikan allah atau tidak menjaga diri atau membiarkan diri dalam kemudaratan misilanya : membiarkan diri sendiri tatap bodoh, miskin, malas dan minum-minuman keras, dan bunuh diri.

Zalim kepada orang lain

Yang di maksud dengan zalim kepada orang lain yakni suatu sikap yang memperlakukan orang lain dengan tidak baik seperti malalui kekerasan atau kata-kata yang kasar. Misalnya : memukul , mengumpat, mengadu domba, memfitnah, mecuri , merampok , penyiksaan dan pembunuhan

Zalim kepada lingkungan

Yang di maksud dengan zalim terhadap lingkungan yakni sikap yang tidak adil terhadap lingkungan, misalnya menembang pohon liar dan menyembelih dengan senjata tumpul.

Peyebab seseorang melakukan kezaliman antara lain

#merasa ada kekurangan dan kelemahan di dalam hati
#tidak dapat mengendaikan diri
#mempertahankan kekuasaan

Balasan bagi orang yang zalim

pada akhirnya setiap kezaliman seseorang pada orang lain pasti akan menimpa dirinya sendiri
Sebab kazaliman dilakukan seseorang petama-tama ketika orang itu mengingkari daya-daya kebaikan di dalam dirinya. Selain itu jika kezaliman sudah meyebar di masyarkat maka kezaliman itu akan mencangkup pelaku kezaliman itu sendiri .

Jadi kezaliman pada orang lain itu pada hakikatnya adalah kazaliman pada diri sendiri, karena banyak sekali ayat al-qur’an yang melarang kita menzalimi diri sendiri seperti yang di jelaskan allah dalam surah al-baqarah ayat 231
“maka sungguh ia telah berbuat zalim terhadap dirinya”

Hidup dalam kesesatan dan juah dari hidayah

Orang zalim, karna tidak mau di sebut sebagai orang zalim, akan mengatakan perbuatannya dengan dalih dan alsan. Dia akan makin juah tersesat demi membela diri. Orang yang sekali berbuat zalim,tidak akan segan melakukan kezaliman berikutnya demi kezaliman yang petama itu.

Orang itu semakin sulit menerima kebenaran, tidak dapat mengabil manfaat dari hidayah allah, tidak dapat mengambil manfaat dari ajaran agama,serta nasehat dan petuah orang lain.

kebinasaan

Hal ini seperti yang di jelaskan allah dalam surah al-an’am ayat 47 yang artinya”tidak akan dibinasakan kecuali orang-orang zalim”

azab di akhirat

Kezaliman merusak fitrah manusia
Kezaliman adalah kerusakan di dalam fitrah manusia. Karna allah swt. Menciptakan fitrah manusia senantiasa cendrung kepada kebaikan dan menjauhi segala keburukan.

Tapi karena fitrah dapat menajadi lemah di keranakan rusaknya pendidikan yang di terima seseorang, hawa nfsu , kepentingan dan sebab-sebab yuang lain, maka menusia tidak jarang menuju kearah yang tidak benar dan bertentangan dengan fitrah, meskipun fitrah orang ini masih dapat menepatkan diri dari waktu ke waktu.

Nah, sakang kamu sudah tahu bukan Aniyaya, macam-macam kezaliman, peyebab orang melakukan kezaliman, balasan bagi orang yang zalim serta kezaliman merusak fitrah manusia.

Apa bila kita melakukan kezaliman kepada orang lain segerlah meminta maaf kedanya dan bertoabat kepada allah dengan tobatan nasuha, semoga allah selalu membukakan pintu hidaya kepada kita semua, sampai jumpa lagi pada artikel islami lainya.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2016/05/30-doa-doa-harian-terlengkap-beserta-artinya.html