Tips Pemijahan dan Perawatan Anakan Ikan Discus

Tips Pemijahan dan Perawatan Anakan Ikan Discus

Tips Pemijahan dan Perawatan Anakan Ikan Discus

Tips Pemijahan dan Perawatan Anakan Ikan Discus
Tips Pemijahan dan Perawatan Anakan Ikan Discus

Pemijahan

Setelah dimasukan sepasang ikan ke aquarium ukuran 40cm-40cm tinggi40cm,dalam tempo 3-5 hari akan keluar telur menempel di media pvc tersebut,sebaiknya pengalaman saya , media pvc yang udah ada telurnya , setelah satu hari dikasis ram kawat pelindung , pengalaman lagi : telur dielus-elus sama betina /dijaga /dilindungi, ditiup-tiup dan dikipas-kipas . kalau ada yang mendekat apa saja selalu dimakan terutama cacing yang putih kecil ( ga tau namanya ? naon etateh nya ) saking sayang nya sama telur , kalau ada yang rusak atau jamuran ,betina selalu memakannya dan terlena / terbiasa atau kemakan semua telurnya , dan hilang telur semuanya (enak ya… telur sendiri hee he he he… ). Dan setelah 2 hari telur akan menetas,sebagian jamuran .jangan heran kalau induk nya memakan larva tersebut , tapi bukan memakannya hanya memindahkan posisi atau membersihkan sisa-sisa telur yang menempel pada larva tersebut.

Perawatan Larva Discus

budidaya ikan discus ke4 harinya larva akan mulai berenang dan mulai menempel sebagian ke induknya. pengalaman lagi ; setelah menempel semua larva-larva tersebut ke induknya terutama kebanyakan menempel pada induk yang condong gelap ,dalam jangka 6-7 hari saya selalu mencabut salah satu induk nya, terutama induk yang terang dan membiarkan indukan yang gelap untuk mengasuh anaknya ( baby sister ). kenapa ya… kalau didiam kan terus bersama sering terjadi : bertengkar berebutan mengasuh , dan keluar telur lagi dan si induk memakan anaknya sendiri karena mengganggu telurnya ( cape deh deeeeeeeeeh….. ) .sebelumnya indukan juga dikasih makan tidak seperti biasanya / dikurangan setengahnya.dan larva pun hanya makan dari kulit/ lendir yang menempel pada badan indunya. terus selanjutnya hari ke 10 ,saya mulai mengasih makanan tambahan buat larva, saya kasih kutu air. setelah 2 minggu atau lebih (lihat kondisi larva )saya kasih cacing lembut. asik dan nikmat melihat anak discus yang menempel di badan induk discus ( rasakan saja nikmat tersendiri .. huahhhh ha haha ha ha ha…….. ).

Perawatan anak discus

Setelah satu bulan saya selalu mencabut si indukan tersebut dan mendiamkan anakannya , dengan mengasih makanan cacing lembut hidup didiamkan kira-kira jangan sampai ga ada makanan di aquarium ( supaya cepat besar ).seterusnya selingan mengasih cacing beku yang di kerut sama pisau kater supaya aga lembut.setelah 2 bulan bisa dijual.