11 Cara Menjaga Komputer Tetap Dingin

11 Cara Menjaga Komputer Tetap Dingin

11 Cara Menjaga Komputer Tetap Dingin

11 Cara Menjaga Komputer Tetap Dingin
11 Cara Menjaga Komputer Tetap Dingin

Komputer Anda terdiri dari banyak bagian, hampir semua bagian menghasilkan panas ketika komputer Anda aktif. Beberapa bagian, seperti CPU dan Graphics Card, bisa sangat panas bahkan Anda bisa memasak telur pada bagian tersebut.

Dalam sebuah komputer desktop yang dikonfigurasi dengan benar, banyak dari panas ini dipindahkan dari casing komputer oleh beberapa fans. Jika komputer Anda tidak tidak cukup membuang udara panas, suhu dalam komputer akan sangat panas dan akan berisiko terjadi kerusakan serius pada PC Anda. Tak perlu dikatakan lagi, menjaga komputer Anda tetap dingin harus menjadi prioritas utama.

Berikut adalah sebelas solusi pendinginan komputer yang bisa dilakukan setiap orang. Banyak yang gratis atau sangat murah sehingga benar-benar tidak ada alasan untuk membiarkan komputer Anda terlalu panas dan menyebabkan kerusakan.

Memberikan Aliran Udara

Hal yang paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga komputer Anda tetap dingin adalah dengan memberikan sedikit ruang udara untuk menghilangkan hambatan dalam aliran udara.

Pastikan sisi komputer tidak menempel terhadap sesuatu, terutama bagian belakang. Sebagian besar udara panas mengalir keluar dari ujung belakang casing komputer. Harus ada minimal 2 sampai 3 inci ruang terbuka pada kedua sisi dan bagian belakang harus benar-benar terbuka dan tidak terhalang.

Jika komputer Anda terletak di dalam meja, pastikan pintu tidak tertutup sepanjang waktu. Udara dingin masuk dari depan dan kadang-kadang dari sisi casing. Jika pintu ditutup sepanjang hari, udara panas cenderung untuk tertahan di dalam meja, semakin panas komputer semakin lama komputer tersebut berjalan.

Jalankan PC Anda Dengan Casing Tertutup

Beberapa orang percaya untuk menjaga komputer desktop tetap dingin adalah menjalankan komputer dengan casing terbuka. Kelihatannya logis – jika casing ini terbuka, akan ada aliran udara lebih yang akan membantu menjaga komputer tetap dingin.

Potongan puzzle yang hilang di sini adalah kotoran. Ketika casing ini dibiarkan terbuka, debu dan kotoran menyumbat kipas pendingin lebih cepat daripada ketika casing ditutup. Hal ini menyebabkan kipas menjadi lambat dan rusak lebih cepat dari biasanya. Sebuah kipas yang tersumbat bekerja sangat buruk dalam melakukan pendinginan komponen komputer Anda.

Memang benar bahwa menjalankan komputer Anda dengan casing terbuka mungkin memberikan manfaat kecil pada awalnya, tetapi peningkatan paparan kotoran pada kipas memiliki dampak yang lebih besar pada suhu.

Bersihkan Komputer Anda

Kipas di dalam komputer Anda bekerja untuk menjaga komputer tetap dingin. Apakah Anda tahu apa yang memperlambat kipas dan kemudian akhirnya membuatnya berhenti? Kotoran – dalam bentuk debu, rambut hewan peliharaan, dll. Semua jenis kotoran tersebut masuk ke dalam komputer Anda dan banyak yang terjebak di beberapa kipas.

Salah satu cara yang paling efektif untuk mendinginkan PC Anda adalah dengan membersihkan kipas. Ada kipas di atas CPU, satu di dalam power supply, dan biasanya satu atau lebih di bagian depan dan / atau belakang casing.

Hanya dengan mematikan komputer Anda, membuka casing, dan menggunakan udara untuk menghilangkan kotoran pada tiap kipas. Jika komputer Anda benar-benar kotor, keluarkan kipas lalu bersihkan semua kotoran yang menempel pada kipas dan tempat lain di dalam komputer Anda.

Pindahkan Komputer Anda

Apakah area tempat Anda menjalankan komputer terlalu panas atau terlalu kotor? Kadang-kadang satu-satunya pilihan Anda adalah memindahkan komputer tersebut. Sebuah tempat yang lebih dingin dan lebih bersih pada ruangan yang sama mungkin baik-baik saja, tetapi Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk memindahkan komputer ke tempat lain pada ruangan yang berbeda. Jika memindahkan komputer bukan menjadi pilihan Anda, tetaplah membaca artikel ini untuk tips lainnya.

Penting: Memindahkan komputer dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian sensitif di dalam komputer jika Anda tidak hati-hati. Pastikan untuk mencabut apapun yang menempel, jangan membawa terlalu banyak bagian sekaligus, dan letakkan segala sesuatunya dengan sangat hati-hati. Perhatian utama Anda pada kasus ini adalah casing komputer yang memegang semua bagian penting seperti hard drive, motherboard, CPU, dll.

Upgrade Kipas CPU

CPU Anda mungkin adalah bagian yang paling sensitif dan mahal dalam komputer Anda. CPU juga bagian yang paling berpotensial dalam terjadinya overheating.

Kecuali Anda sudah mengganti kipas CPU Anda, salah satu yang ada di komputer Anda sekarang kipas yang mendinginkan prosesor Anda cukup untuk tetap bekerja dengan baik, dan itu dengan asumsi kipas tersebut berjalan dengan kecepatan penuh.

Banyak perusahaan yang menjual kipas CPU yang besar yang dapat membantu menjaga suhu CPU lebih rendah dari kemampuan mendinginkan pada kipas bawaan dari pabrikan.

Pasang Satu atau Dua Casing Kipas

Casing kipas hanya kipas angin kecil yang melekat baik bagian depan atau belakang casing komputer desktop, dari bagian dalam. Casing kipas membantu memindahkan udara melewati komputer.

Instalasi dua casing kipas, satu untuk memindahkan udara dingin ke PC dan satu lagi untuk memindahkan udara hangat dari PC, adalah cara yang bagus untuk menjaga komputer tetap dingin.

Casing kipas bahkan lebih mudah untuk dipasang daripada kipas CPU jadi jangan takut untuk masuk ke bagian dalam komputer Anda untuk melakukan cara ini.

Stop Overclocking

Overclocking adalah pemakaian komputer dengan waktu yang sangat lama. Jika Anda tidak melakukan overclocking pada PC Anda, maka Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini.

Anda mungkin menyadari bahwa overclocking mendorong komputer bekerja pada batas kemampuannya. Apa yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa perubahan ini memiliki efek langsung pada suhu CPU dan komponen lainnya bekerja pada overclock.

Jika Anda overclocking hardware PC Anda, tetapi tidak mengambil tindakan pencegahan lain untuk menjaga hardware tetap dingin, saya merekomendasikan konfigurasi ulang hardware Anda ke pengaturan default pabrik.

Ganti Power Supply

Power supply pada komputer memiliki kipas besar yang dipasang dibagian dalamnya. Aliran udara yang Anda rasakan pada tangan ketika Anda memegang bagian belakang komputer adalah berasal dari kipas ini.

Jika Anda tidak memiliki casing kipas, kipas power supply adalah satu-satunya cara untuk membuang udara panas di dalam komputer. Komputer Anda dapat cepat panas jika kipas ini tidak bekerja.

Sayangnya, Anda tidak bisa mengganti kipas power supply. Jika kipas ini tidak lagi bekerja, Anda harus mengganti power supply seluruhnya.

Instal Komponen Fans Tertentu

Memang benar bahwa CPU mungkin produsen panas terbesar dalam komputer Anda, tetapi hampir setiap komponen lain menciptakan panas juga. Super fast memory dan high end graphics card kerap kali menyubang panas pada CPU.

Jika Anda menemukan bahwa memory, graphics card, atau komponen lainnya menghasilkan banyak panas, Anda dapat mendinginkannya dengan komponen kipas yang spesifik. Dengan kata lain, jika memori Anda sangat panas, beli dan pasang kipas memori. Jika graphics card Anda overheating selama bermain game, upgrade kipas graphics card ke yang lebih besar.

Dengan hardware dan bagian lainnya yang lebih cepat panas, Produsen kipas tahu masalah ini dan telah menciptakan solusi khusus untuk dapat menjaga suhu di dalam komputer Anda.

Pasang Water Cooling Kit

Pada keadaan komputer berada pada batas akhir, penumpukan panas dapat menjadi masalah yang bahkan kipas tercepat dan paling efisien tidak dapat mendinginkan PC. Dalam kasus ini, menginstal Water Cooling Kit dapat membantu mengatasi masalah. Transfer panas pada air dapat dengan dengan baik dan secara drastis dapat mengurangi suhu CPU.

“Air di dalam komputer? Itu tidak terdengar aman! “Jangan khawatir, air, atau cairan lainnya, benar-benar tertutup dalam sistem transfer. Pompa mendorong cairan dingin ke CPU di mana cairan tersebut dapat menyerap panas dan kemudian memompa cairan panas keluar dari komputer di mana panas tersebut dapat menghilang.

Tertarik? Water Cooling Kit mudah untuk dipasang, bahkan jika Anda belum pernah mengupgrade komputer sebelumnya.

Pasang Phase Change Unit

Phase Change Unit atau Unit Pengubah Fasa merupakan yang paling drastis dari teknologi pendinginan.

Sebuah unit pengubah fasa dapat dianggap sebagai lemari es untuk CPU Anda. Perangkat tersebut menggunakan banyak teknologi yang sama untuk mendinginkan atau bahkan membekukan CPU. Unit peubah fasa seperti pada gambar diatas, harganya berkisar dari $ 1,000 sampai $ 2,000 USD. Produk pendingin yang sama untuk tingkat perusahaan harganya dapat mencapai $ 10,000 USD atau lebih!

Sumber: http://www.diskusiandroid.com/