Antara Etika Dan Estetika Berbudaya

Etika Dan Estetika Berbudaya

Antara Etika Dan Estetika Berbudaya

Etika Dan Estetika Berbudaya
Etika Dan Estetika Berbudaya

 

Etika berarti kumpulan asas atau nilai moral ( kode etik).

Dan estetika berarti seni keindahan.Kebudayaan merupakan hasil cipta manusia. Manusia beretika, akan menghasilkan budaya yang beretika pula.
Etika berbudaya berarti budaya yang diciptakan harus mengandung niali-nilai moral atau kode etik yang bersifat universal. Dan budaya yang dihasilkan tidak bergantung terhadap ideologi atau kepercayaan masyarakat itu sendiri.
Estetika berbudaya berarti penilaian pandangan manusia atau masyarakat mengenai keindahan malalui panca indra secara sujektif tentang budaya dan segala macam yang ada dilingkungannya.

Probelem Dalam Kebudayaan

Kebudayaan mengalami perubahan seiring perubahan zaman dan pergaulan manusia sebagai pembuat budaya itu sendiri. Factor perubahan kebudayaan:

 

Warisan kebudayaan

Proses pewarisan budaya akan diteruskan dari orang tua ke anaknya atau dari generasi ke generasi dari zaman nenek moyang sesuai dengan kepercayaan,pola pikir, dan kebiasaan setiap manusi di setiap daerahnya masing-masing. Masalah warisan kebudayaan : lingkungan pergaulan yang berubah-ubah, penolakan generasi berikunya,tidak fleksibel atau tidak sesuai zaman yang telah berubah. Perubahan kebudayaan Proses perubahan yang terjadi akibat tidak sesuainya unsur-unsur budaya diantara budaya-budaya yang berbeda-beda sehingga tidak adanya nilai fungsi kehidupan didalamnya.

 

Masalah perubahan kebudayaan

bersifat regress atau kemunduran, perubahan terjadi melalui revolusi. Penggabungan unsure kebudayaan Tercampurnya budaya dari satu kelompok ke kelompok lain yang mengakibatkan ciri khas budaya aslinya berkurang bahkan hilang oleh budaya lain. Masalah penggabungan unsur kebudayaan : ciri khas budaya asli hilang karena masuknya budaya baru. Kurang kepedulian generasi penerus terhadap budaya lama.

 

Kebudayaan Adalah Produk Manusia

Manusia yang berakal menimbulkan perubahan dalam proses kehidupannya,manusia membuat kemajuan dalam hampir di semua bidang untuk mensejahterakan kehidupannya.
yang selanjutnya akan diteruskan manusia dari generasi ke generasi yang lalu disesuaikan juga dengan pergaulan dizamannya sehingga timbul keaneragaman budaya. Dan manusia beretika akan menghasilkan budaya beretika pula. Saling menghargai budaya orang lain tapi tetap kritis terhadap masuknya budaya asing. Dan tetap wariskan budaya Indonesia supaya tidak hilang.

 

Sumber : https://dosen.co.id/